Minggu, 26 Mei 2013

Mochi Isi Kacang Merah

   Kalau anda suka kue mochi dan anda berada jauh dari tempat orang jual mochi,sebaiknya anda terus membaca artikel ini.Dan percayalah ternyata membuat mochi tidak sulit.Anda bisa cari berbagai resep mochi di Google,ada resep yang menggunakan santan,minyak goreng,mentega,dll.Saya pernah mencatat beberapa resep mochi dari berbagai sumber,tapi supaya bahan-bahan yang saya gunakan tidak mubazir,maka saya gunakan feeling untuk memilih resep mana yang valid.
    Dan saya memilih resep mochi dari sebuah blog (tapi saya lupa nama blognya,sorry),dan yang saya ingat resep mochi pada blog tsb bersumber dari majalah sedap.
    Bahan:
 200 gr tepung ketan
 225 cc air
 1/2 sdt garam
 125 gr gula pasir (saya pakai 120 gr,karena isinya sudah manis)
 30 gr margarin putih 
    Cara : 
1.campur tepung ketan,garam,gula pasir dalam suatu wadah
2.tuang air,aduk dan uleni sampai tercampur rata
3.saring adonan tsb
4.tuang ke dalam wadah stainless steel,alumunium, atau apa saja yg penting tahan panas
5.kukus adonan bersama wadahnya (20' - 30') sampai matang (indikatornya seluruh adonan warna      putih ketan berubah jadi putih seperti putih lem sagu).
6.adonan dipindahkan ke dalam bowl mixer
7.dalam keadaan masih hangat masukkan margarin putih,dimix dg kocokan spiral sampai tercampur 
 rata,margarin putih tsb akan meleleh,biarkan sebentar sampai margarin yg mencair tsb menyerap 
 ke  dalam adonan ketan.
8.ambil sedikit adonan,isi sesuai keinginan anda,gunakan plastik supaya tangan tidak
 lengket,gulingkan ke dalam maizena atau wijen yg sudah disangrai
     Isi (sumber majalah sedap)
*200 gr kacang tanah kupas sangrai ditumbuk kasar,campur dg 50 gr gula pasir dan sedikit garam,kemudian aduk rata
     Pelapis:
*75 gr wijen sangrai atau maizena sangrai secukupnya (saya lupa beratnya karena tidak ditimbang)



   Isi kacang merah (resep saya sendiri):
Resep isi kacang merah ini mungkin resep yg tidak baku,karena waktu membuatnya saya tidak menimbangnya (tidak sempat),resep yg dikira-kira.
Bahan yg saya gunakan 500 gr kacang merah diblender dg air kurleb 1 liter,kemudian tuang ke panci,campur dg gula pasir kurleb 250 gr (yg penting dicoba apakah manisnya sudah pas atau belum),tambahkan 2 lbr pandan,1/2 sdt garam,dan 1/2 sdt vanili.
Aduk-aduk di atas kompor sampai matang,mengental,dan bisa dipulung.
Catatan :
*Kacang merah direbus dulu sebelum diblender
*Perlu kesabaran ketika mengaduk adonan ketan + mentega putih yg masih hangat dg mikser,saya pernah coba  
 menggunakan  adukan spiral mikser phillip,ternyata harus sambil diaduk sekaki-sekali supaya lebih  
 mudah mengaduknya.Tapi jika anda mempunyai mikser semacam kitchen aid,gunakan  kocokan
 berbentuk hook (yg seperti kail),dan ternyata lebih mudah.
     Tiga foto di atas adalah mochi yang dibuat di bulan Juni,jadi postingan tentang mochi saya edit dengan tambahan foto mochi isi kacang merah yang dilumuri dengan maizena sangrai.Berikutnya saya coba buat mochi yang diberi warna hijau daun suji,tapi sepertinya hijaunya kurang ngejreng ya?!Dan filingnya adalah ganache white chocolate (sisa bikin wedding cake),jadi maunya sich tuh mochi warnanya hijau tapi pas dibuka filingnya putih.Biarpun untuk tampilan warna hijaunya kurang bagus,tapi kalau soal rasa saya percaya sama tastenya Sugha,kalau Sugha bolak-balik mendekati ibunya yang sedang mengisi mochi,dan setiap ada mochi yang jadi langsung meluncur ke mulutnya,berarti rasanya maknyus choiiii!!Believe me.......


Tidak ada komentar:

Posting Komentar