Selasa, 14 Mei 2013

OPERA CAKE for My Son "SUGHA"

    Setiap bulan Mei aku selalu membuat cake ultah untuk Sugha,sejak ultah pertamanya th 2004 sampai sekarang ini aku sudah 10 kali buat cake ultah untuknya.Sugha lahir  pada 10 Mei 2003,jadi opera cake ini adalah cake ultah Sugha yg ke 10.
    Sebelumnya aku tanya Sugha mau cake ultah yg bagaimana?Dia bilang ga mau yg basenya lapis surabaya ataupun blackforest,bosan katanya.Sugha minta opera cake,secara sebelumnya aku pernah buat opera cake di bulan Maret karena penasaran dg rasanya.Ternyata Sugha dan bapaknya suka dg cake ini.Jadi meskipun lumayan besar modalnya dan lumayan ribet (rumit) membuatnya tapi aku senang sekali.
    




    Nama di atas opera cake tsb ditulis Faiz karena nama panjangnya Sugha Faiz Al Maula.Untuk gambar yg terakhir ini adalah opera cake pertama yg aku buat,terlihat lebih banyak layernya.Justru aslinya cake tsb hampir gagal karena terlalu tipis,lalu aku potong dua bagian sama rata dan kutumpuk biar kelihatan lebih baik layernya.
    Resep joconde sponge cake nya diambil dari NCC Resep,sedangkan chocolate ganache,coffee white chocolate buttercream,coffee syrup,dan ganache siram nya diambil dari blognya Teh Ricke-ordinarykitchen ,thanks Teh Ricke for your recipe..
  
Resep Joconde Spongecake (NCC)
Bahan A:
15 kuning telur
5 telur utuh
200 gr gula (aku hanya 175 gr)
125 gr terigu segitiga
20 gr maizena
15 gr sp
250 gr almond bubuk
2 sdm susu bubuk (resep asli ga pakai)

Bahan B:
90gr butter + 90 gr margarin dilelehkan
1 sdm susu kental manis ( aku ga pakai) 

How to:
*Kocok gula + semua telur + sp sampai kental dan mengembang 
*Campur terigu + maizena + susu bubuk,ayak di atas adonan telur,lalu taburi almond bubuk,aduk rata,kemudian masukkan bahan B,aduk kembali
*Tuang ke  4 buah loyang (kalau aku pakai loyang 24cmx24cmx2cm) yg sudah dialasi kertas roti dan dipoles sedikit margarin,di resep NCC pakai loyang 30cmx30cm
*masukkan ke dalam oven,yg sdh dipanaskan sebelumnya
*sewaktu pengovenan aku putar loyang beberapa kali,supaya joconde tsb tidak kering di pinggirnya
 
Resep Chocolate Ganache:
250 whipcream dairy cair + 250 DCC cincang kecil
*Panaskan whip/jangan sampai mendidih asal hangat saja,matikan api,masukkan DCC,aduk,sampai DCC meleleh
*Setelah dingin masukkan kulkas 

Resep Coffee White Chocolate Buttercream:
1 sdm kopi instant+ 1 sdm air panas,aduk dan biarkan dingin
250 gr unsalted butter dingin (aku pakai salted butter)
150 gr SKM
100 gr WCC lelehkan,biarkan sampai agak dingin
*Kocok butter hingga lembut,masukkan SKM,kocok lagi
*Tuang kopi tsb,aduk
* Masukkan WCC leleh,kocok rata

Resep Coffee Syrup: 
100cc air + 2 sdm gula pasir panaskan hingga mendidih,kemudian masukkan 1 sdm kopi instant,biarkan dingin

Penyusunan:(dari ordinarykitchen.blog)
*Letakkan selembar cake,basahi dg coffee syrup hingga rata,lalu oles dg 1/2 bag coffee white chocolate buttercream sampai rata
*Tumpuk lagi dg selembar cake,basahi dg coffee syrup dan oles dg 1/2 bag chocolate ganache.
*Tumpuk lagi dg selembar cake,lakukan hingga selesai,jadi ada 4 lapis joconde cake,2 lapis  coffee white chocolate buttercream,dan 2 lapis chocolate ganache
*Dinginkan dalam kulkas agar cake dan fillingnya menjadi set dan kokoh

Resep Ganache Siram:
*80 gr whip cair panaskan,lalu masukkan 120 gr DCC cincang,aduk rata
*Masukkan 3 sdm madu dan 1 sdm butter,aduk rata

Untuk tahap akhir,keluarkan cake yg sudah set tsb dari kulkas,lalu siram dg ganache siram ke atas permukaan cake,biarkan lelehan coklat tsb bergerak sampai ke pinggir cake,jangan dirapihkan dg spatula,sebaiknya cake ditaruh di atas loyang yg lebih lebar spy lelehan coklat tidak berantakan dan tidak terbuang.Masukkan kembali cake ke dalam kulkas sekitar 5 menit,lalu rapihkan bagian pinggir cake dg pisau kue yg sdh dicelupkan ke dalam air panas dan dilap kering.Hias sesuai selera.

Harus hati-hati pada saat menumpuk cake,karena joconde cake tsb lumayan tipis sehingga bisa sobek,dan saya sempat mengalaminya.Lumayan cape dan ribet,tapi ketika semuanya selesai semua itu terbayar dengan senyuman Sugha dan Sang Bapak.They said,"This cake is very delicious,Ibu"  
  
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar