Sabtu, 15 Juni 2013

Pastel Crispy







     Di dapur ada sisa kentang,ada satu bungkus soun,dan di kulkas ada wortel dan sedikit buncis,sore-sore hujan begini anakku Sugha sering tanya ,ada cemilan ga,bu?Akhirnya semua bahan yang ada kubuat isi pastel seadanya,dan supaya ada rasa kupakai udang kering (ebi) untuk bumbunya.
     Untuk kulit pastel rencananya mau ditambah susu bubuk,tapi ternyata stoknya habis.Karena  di kulkas masih ada sedikit cream cheese sisa membuat rainbow cake,ya udah aku pakai aja dari pada si cream cheese mubazir.Mungkin di lain waktu kalau bukan karena ada sisa cream cheese nganggur,aku ga bakalan bikin kulit pastel pakai cream cheese karena lumayan mahal harganya.
     Dan ketika pastel-pastel ini selesai digoreng,wuiiih betul rasanya maknyus,crispy,& gurih si cream cheese nya lumayan nendang,padahal isi pastelnya sama sekali tidak pakai daging.Jadi,saudara-saudara jika anda mendapat cream cheese gratisan ga ada ruginya coba bikin kulit pastel pakai cream cheese.(siapa tau ada teman atau saudara atau mungkin mantan murid saya yang kerja di pabrik cream cheese mau kasih saya,ok saya terima)

Resep Kulit Pastel Crispy:
250 gr terigu (aku pakai terigu segitiga)
50 gr margarin ( aku pakai korsvet,shortening untuk pastry)
1 sdt garam dan 1/2 sdt baking powder
1 sdm susu bubuk ( aku ganti dg 1 sdm cream cheese)
100 cc air hangat

How To:
*Campur semua bahan kering,aduk rata
*Masukkan korsvet dan cream cheese,aduk
*Masukkan air hangat sedikit demi sedikit,uleni sampai adonan kalis
*Bagi adonan menjadi beberapa bulatan ( kurleb 18-20 buah)

Isi Pastel:

*Tergantung selera anda,kalau saya tergantung ada bahan apa di rumah
*Boleh wortel,kentang,buncis,soun,ayam,dll
*Bumbu,haluskan 3 bawang merah,2 bawang putih,1 sdm ebi
*Tumis bumbu sampai harum,lalu masukkan bahan lainnya,beri sedikit air supaya wortel dan       kentang matang
*Tambahkan lada bubuk,garam,dan gula pasir,kalau suka boleh tambahkan kaldu ayam bubuk
*Terakhir,masukkan soun cina yang sudah direndam air sebelumnya,aduk sampai matang

Catatan:
*Beberapa orang menggiling kulit pastel yang sudah kalis dengan gilingan mie atau pasta,tetapi menurut saya lebih praktis dengan cara membagi adonan menjadi beberapa bulatan sebesar bola bekel,kemudian satu persatu bulatan adonan kulit ditipiskan dg menggunakan roling pin,kalau saya menggunakan pipa paralon kecil,pakai botol bekas juga boleh,yg penting giling adonan dengan ketebalan yg sesuai.



2 komentar:

  1. Bagus sekali methodenya , resep lain dari yang lain , saya akan coba dan menjadikan usaha anak2 dirumah. terima kasih berat . semoga banyak pahala buat ibu dan sukses selalu

    BalasHapus
  2. Bagus sekali methodenya , resep lain dari yang lain , saya akan coba dan menjadikan usaha anak2 dirumah. terima kasih berat . semoga banyak pahala buat ibu dan sukses selalu

    BalasHapus