Minggu, 09 Juni 2013

Homemade Tortilla Kebab

     Jika anda penggemar kebab dan ingin membuat kebab sendiri di rumah,mungkin anda berpikir sama seperti saya,cari saja tortilla kebabnya di supermarket.Mengenai isinya bisa diatur suka-suka,yang penting ada mayones,sambal botol,timun,selada,keju cheddar,dan tentu saja daging (ayam,kambing,atau sapi).
     Tapi supermarket yang terdekat dari rumah saya tidak menjual tortilla,kalau mau cari di supermarket di mal pasti ada,secara saya tipe ibu2 yang malas ke mal,sementara Sugha my beloved son sering minta kebab.Wah,jadi saya putuskan saya harus bisa bikin tortilla kebab,minimal miriplah dengan yang dijual.
      Saya putuskan untuk mencoba resep dari Ita-Dapur Griyakhayangan (thanks Ita),tapi untuk takaran susu cairnya saya tambah,karena setelah coba resep Ita adonan terlalu keras dan susah dibentuk,sementara untuk ukuran terigu dll tidak saya ubah.

RESEP TORTILLA KEBAB  (Dapur Griyakhayangan)

Bahan:

*Campur 250 gr terigu segitiga + 1/2 sdt garam + 1/2 sdt baking powder  + 1/4 sdt gula pasir
*100 cc susu cair yang dipanaskan (saya tambah jadi 125 cc)
*3 sdm minyak goreng

How To:(Cara saya seperti ini)

*Tuang susu ke campuran tepung,aduk dg sendok kayu
*Tuang minyak goreng,aduk kembali,uleni sampai bisa dibentuk
*Adonan saya bagi 12 bulatan
*Pipihkan setiap bulatan dengan roling pin membentuk lingkaran
*Panggang di pan anti lengket yang sudah dipanaskan  tanpa minyak
*Tortilla akan bergelembung,balik,akan terlihat bercak coklat tua karena dipanggang tanpa minyak
*Lakukan hal yg sama sampai adonan habis
*Jika ingin disimpan untuk cadangan di lemari es,tunggu sampai tortilla dingin dan dibungkus plastik




      Saya buat 2 resep tortilla jadi ada 24 tortilla kebab ketika itu.Untuk isinya saya gunakan 500 gr daging sapi yang digiling kasar dengan food processor.

Isi Kebab Daging Sapi

*500 gr daging sapi giling kasar
*3 bawang putih + 3 bawang merah haluskan
* bawang bombay 1 bh yg besar,cincang kasar 
*kayu manis bubuk 1/4 sdt,biji pala bubuk 1/4 sdt,lada bubuk 1/4 sdt
*garam,gula pasir secukupnya
*minyak goreng secukupnya untuk menumis

How To:

*Tumis semua bawang,setelah harum masukkan daging,aduk
*Masukkan bumbu-bumbu lainnya,aduk sampai masak

    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar