Minggu, 16 Juni 2013

Relasi Antara Teknik Mengajar Matematika SMP dengan Dunia Baking & Cooking

     Postingan ini mungkin tidak lazim,apa hubungannya matematika sekolah dengan dunia baking & cooking?Itukan bisa-bisanya Bu Yuli aja kalee,secara Bu Yuli adalah guru matematika yang "tersesat" di dapur kebanggaannya (??????)
     Kalau anda pernah belajar geometri dasar,pasti anda pernah tahu teori yang menyatakan bahwa "jika sebuah garis memotong salah satu dari dua atau lebih garis yang sejajar maka garis itu juga akan memotong garis yang ke dua,ke tiga,dst."Dan teori ini saya kontekstualkan dengan cerita tentang bunda-bundanya murid-murid saya yang sedang memotong kacang panjang di dapur.Saya  bertanya kepada murid perempuan,bagaimana cara ibumu memotong kacang panjang?Apakah dipotong satu persatu atau sekaligus beberapa kacang panjang dipotong sekaligus?Mereka menjawab,tentu tidak satu persatu,supaya cepat beberapa kacang panjang disusun sedemikian rupa dan dipotong sekaligus.Nah,saya katakan kepada mereka bahwa ibunda kalian bekerja di dapur dengan menggunakan sifat-sifat garis sejajar meskipun ibunda kalian tidak menyadarinya.
     Contoh lain,saya punya pengalaman ketika mengajar sifat-sifat bangun datar (persegi panjang,persegi,jajar genjang,belah ketupat,layang-layang,dan trapesium).Ada pernyataan yang membingungkan murid-murid saya,yaitu "semua sifat persegi panjang merupakan sifat persegi",jadi bisa dikatakan bahwa sebuah persegi pasti merupakan persegi panjang,tetapi sebuah persegi panjang belum tentu merupakan persegi.Supaya murid saya tidak bingung lagi,saya analogikan dengan cerita martabak manis dan martabak manis keju.Saya tanya mereka,apakah semua bahan-bahan untuk membuat martabak manis digunakan juga pada pembuatan martabak manis keju??Mereka serempak menjawab,ya bu guru!!!Jadi bolehkah kita katakan bahwa martabak manis keju merupakan martabak manis??Mereka jawab,boleh buu!!!Sekarang,bolehkah kita katakan bahwa martabak manis merupakan martabak manis keju??Mereka jawab,tidak bu guru!!Saya tanya,mengapa tidak boleh,nak?Mereka jawab,karena martabak manis belum tentu pakai keju,bu guru!!Oh,jadi masalahnya si keju ini yang membedakan ke dua martabak tersebut.Saya katakan bahwa  martabak manis keju sebenarnya adalah martabak manis yang spesial karena apa anak-anak???Karena pakai kejuuuuuu!!!!
     Lalu murid-murid saya kembali alihkan perhatiannya kepada persegi dan persegi panjang,bahwa persegi sebenarnya adalah persegi panjang yang spesial karena semua sisi persegi sama panjang.Murid-murid dapat menganalogikan martabak manis keju sebagai persegi,dan martabak manis sebagai persegi panjang.
     Seterusnya analogi ini bisa berlanjut ke sifat jajar genjang,bahwa persegi merupakan persegi panjang yang spesial karena semua sisinya sama panjang,lalu persegi panjang merupakan jajar genjang yang spesial karena semua sudutnya siku-siku.Analoginya adalah martabak manis keju merupakan martabak manis spesial karena pakai keju,lalu martabak manis merupakan sejenis pan cake spesial karena dibuat lebih tebal dan beronggga.
     Arti pan cake sendiri adalah kue yang didadar pada sebuah pan,dan semua jenis martabak manis pasti dibuat dengan cara didadar hanya pan nya lebih khusus yaitu loyang martabak.So,that's what I did in my class........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar