Selasa, 11 Juni 2013

Tips dan Trik Membuat Sponge Cake Anti Gagal







   Postingan ini aku tulis untuk sobatku Cici di Pandeglang,yang jauh-jauh sms ke Tangerang tanya tentang sponge cake dan butter cake.Cerita tentang seseorang yang mulai interested in baking,lalu mencoba buat sponge cake tapi akhirnya semangatnya luntur karena sponge cakenya gatot (gagal total) itu banyak sekali terjadi.Aku bukan ahli,tapi aku punya pengalaman.Sejak kecil aku dididik masak oleh ibu,tapi aku baru tertarik dengan dunia baking setelah Alm Tanteku sering memintaku untuk membantunya membuat kue.Pada awalnya justru aku cuma disuruh cuci loyang,baskom,dll.Yang tak pernah kulupa adalah betapa beliau sering bilang bahwa kalau cuci baskom dan kocokan mikser harus benar-benar bersih,kalau perlu cuci ulang sampai tiga kali,lalu lap sampai benar-benar kering,kalau perlu lapnya pakai tissue biar lebih steril katanya (bukannya dokter yg mo operasi ya!!).Dan ini berlaku kalau kita mau mengocok telur + gula + emulsifer ketika mau buat sponge cake,dan especially ketika kita mau mengocok putih telur.Kalau ini benar-benar dijalankan,Insya Allah adonan anda akan cepat mengembang,mengental,dan muncullah fenomena si jambul petruk.Maksudnya ketikan adonan sudah mengental & putih,coba angkat mikser & lihat apakah di kocokan mikser adonan membentuk seperti jambul petruk dan ga mudah jatuh atau tidak?Kemudian kalau adonan sudah bagus,masukkan tepung dan aduk sampai rata,lalu masukkan margarin leleh sedikit demi sedikit,aduk dengan teknik aduk balik,maksudnya sambil diaduk sampai ke dasar baskom,terus spatulanya dibalik sambil ditarik lagi ke atas dan pastikan margarin harus tercampur rata dengan si adonan.Baru dech masukkan ke loyang,dan siap masuk oven yang sebelumnya sudah dipanaskan.
 .
     Bagaimana dengan si butter cake?Wah,aku sering bilang ini sich kue dablek (maksud loe??!!).Begini,si butter cake dibuat dengan cara mengocok margarin + gula tanpa emulsifer sampai margarin memucat putih,lalu masukkan telur,terakhir masukkan tepungnya.Jenis kue seperti ini cenderung anti gagal,mencuci baskom dan kocokan miksernya ga perlu sampai steril gitu,makanya aku bilang dablek!!!!Sebaiknya untuk adik-adik yang mulai tertarik dengan dunia perbakingan boleh coba jenis kue ini,biar semangat,karena kuenya bakal jadi.Tapi si butter cake ini biasanya lebih banyak menggunakan margarin or butternya,dan hasil kuenya bertekstur lebih padat.Dan untuk si sponge cake hasilnya lebih ringan dan lebih moist.
     Semoga bermanfaat ya Ciiiiiiiiiii............
    

1 komentar:

  1. Kalau cuci kurang bersih apa juga bisa mengakibatkan gagal dalam buat kua?

    BalasHapus